Senin, 28 Januari 2013

Manajemen Piutang Rumah Sakit


MANAJEMEN PIUTANG RUMAH SAKIT
Gedung Gajah/Hotel Harris
Jl. Dr. Sahardjo, Jakarta
21 Pebruari 2013, Pkl 09.00 - 17.00 WIB


Kemandirian suatu organisasi dapat diukur dari kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan internal organisasi.   Agar kebutuhan tersebut dapat dipenuhi, maka organisasi harus menyakinkan dirinya mengenai kepastian bahwa sumber daya yang dimilikinya atau akan dimilikinya dapat dimanfaatkan dan dipergunakan oleh perusahaan sebagaimana mestinya.

Sumber daya tersebut antara lain yang berkaitan dengan klaim terhadap pihak ketiga/eksternal atas jasa atau barang yang telah kita berikan.   Klaim terhadap sumber daya tersebut dapat dipenuhi atau diterima baik secara tunai melalui kas atau bank dengan menggunakan mekanisme kas yang disetorkan/ditransfer/dikliring ke bank maupun dengan janji  bayar kemudian.  Janji bayar kemudian tersebut dalam bahasa sehari-hari sering kita kenal dengan istilah Piutang.

Sesuai dengan Undang-Undang Rumah sakit No. 44 tahun 2009 Pasal 29 bahwa setipa rumah sakit mempunyai kewajiban pada huruf [e], yaitu menyediakan sarana dan pelayanan bagi masyarakat tidak mampu atau miskin dan pada huruf [f], yaitu melaksanakan fungsi sosial antara lain dengan memberikan fasilitas pelayanan pasien tidak mampu/miskin, pelayanan gawat darurat tanpa uang muka, ambulan gratis, pelayanan korban bencana dan kejadian luar biasa, atau bakti sosial bagi misi kemanusiaan.  Kedua hal tersebut dapat menimbulkan kemungkinan piutang tak tertagih.

Piutang ini merupakan salah satu pos penting yang terdapat dalam aset lancar pada laporan posisi keuangan organisasi yang menggambarkan potensi/kemungkinan akan menghasilkan sumber kas di masa mendatang.  Kemungkinan inilah yang harus kita yakini dan pastikan jumlah serta jangka waktu mengalirnya, artinya piutang tersebut harus kita pastikan dapat direalisasikan pada saat jatuh temponya menjadi kas atau setara kas.

Program ini menggugah para petugas (Staf, Supervisor/Kasie ataupun Manager) keuangan, Akuntansi, Administrasi rekening, Penagihan ataupun Bendahara untuk memahami Manajemen Piutang.

MATERI PELATIHAN :

  1. Pengetahuan/Karakteristik dasar piutang
  2. Mengenali jenis-jenis piutang yang dimiliki organisasi dan resiko-resiko yang terdapat pada piutang.
  3. Analisis/identifikasi kemungkinan piutang tidak tertagih.
  4. Penyajian informasi yang diperoleh untuk dasar pengambilan keputusan yang tepat
  5. Membuat rekonsiliasi saldo piutang dengan Seksi Akuntansi
  6. Konsep dasar manajemen piutang dengan pengenalan beberapa format untuk pengidentifikasian dan pengendalian piutang.
TRAINER :
ROBERTUS A. NOVIANTO, SE, MM, Ak, QIA
Latar Belakang Pendidikan :
  • Menyelesaikan Pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Widyatama, Bandung
  • Menyelesaikan pendidikan Akuntant (Ak) di Sekolah Tinggi Ekonomi Tri Dharma
  • Menyelesaikan Master of Business Administration (MBA),  Finance and Financial Management Services pada Sekolah Tinggi Manajemen Bandung.
  • Menyelesaikan Qualified Internal Auditor dari Yayasan Pendidikan Internal Audit
Pengalaman Kerja :
  • Berpengalaman sebagai General dan Operational Audit pada BUMD serta Bank Swasta
  • Berpengalaman sebagai Audit/konsultan di Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta
  • Berpengalaman sebagai Special Audit (Investigasi Audit) pada beberapa industri  (perusahaan BUMN dan Swasta).
  • Saat ini menjabat sebagai Kepala salah satu Kantor Perwakilan KAP (Kantor Akuntan Publik)
  • Sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama untuk mata kuliah Auditing
  • Trainer
BIAYA PELATIHAN :
Normal Rate : Rp. 2.000.000,- per orang
Group    : Rp. 1.750.000,- per orang untuk minimal 2 orang dari satu perusahaan/intitusi.  Pembayaran sebelum tanggal 18 Pebruari 2013.

Biaya sudah termasuk biaya training kits, matrei training, sertifikat, makan siang dan 2 kali Coffee break.

Biaya training dapat ditransfer ke Rekening : 4202200506 pada Bank Bukopin Cab. MT. Haryono atas nama PT. Multikreasi Edutama

Informasi dan Pendaftaran :

Ratih & Kuswiati
Telp. : 021 70234813, 8306188   Fax. 021 8306188
Hp. 0838 94509000, 0838 98535915  atau 0811 892647
email : info@lumbungkreasi.com; ratih@lumbungkreasi.com atau kuswiati_nuridja@yahoo.com

Website : www.lumbungkreasi.com

The Simple Way to Analize Training Needs


THE SIMPLE WAY TO ANALIZE TRAINING NEEDS
Bagaimana merancang program pelatihan, mudah, efektif dan efisien
Executive Meeting Room Gd. Gajah/Hotel Harris Tebet
Pkl. 09.00 - 17.00 WIB
Biaya Pendaftaran Rp. 3.500.000,- per orang

Agar dapat menunjang peningkatan kinerja perusahaan, para praktisi Sumber Daya Manusia (SDM/HR) dituntut untuk dapat berkontribusi dengan menyiapakan program-program pelatihannya yang dapat mendukung "Core Competencies" perusahaan.  Untuk itu para praktisi HR harus menguasai tehnik identifikasi yang baik agar dapat menghasilkan program-program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bukan sekedar memenuhi target aktivitas pelatihan.
Di sisi lain, sebagaimana aktivitas perusahaan yang lain tentunya kegiatan pelatihan juga harus memberikan suatu return yang lebih besar dari jumlah rupiah yang telah dibayarkan untuk membiayai suatu pelaksanaan pelatihan.  Para pengelola Sumber Daya Manusia di Perusahaan-Perusahaan (HR), selama ini banyak yang berbicara tentang manfaat pelatihan secara kualitatif, namun belum dapat menampilkan data secara kuantitatif tentang peningkatan kualitas SDM sesudah mengikuti pelatihan.   Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk melakukan dan mewujudkan suatu analisa kebutuhan pelatihan, bagaimana menentukan faktor-faktor keberhasilan suatu pelatihan dan bagaimana mengevaluasi keberhasilan suatu rencana pelatihan.
Learning Content
  • Manfaat program pelatihan bagi perusahaan
  • Definisi : Training Need Analysis (analisa Kebutuhan Pelatihan )- TNA
  • Program pelatihan berbasis kompetensi
  • Hubungan antara visi, misi dan strategi perusahaan dengan penyelenggaraan training.
  • Penggunaan analisa SWOT dalam TNA.
  • Step by step in developing Training Needs Analysis
  • Merancang program pelatihan perusahaan.
  • Tolok ukur keberhasilan dalam pelatihan 
  • Training Evaluation
  • The Training and Development Plan.
Metode Pelatihan : Presentasi, Diskusi, Latihan (menyusun rencana program pelatihan/group).

Target Peserta 
Karyawan di lingkungan HRD perusahaan, khususnya yang menangani penyusunan program pelatihan dan pengembangan karir atau karyawan di lingkungan Training Center Perusahaan.  Jumlah Peserta maksimal 12 orang.  (agar hasil latihan group optimal, dianjurkan tiap perusahaan mengirim 2 orang peserta).

TRAINER :

 1. Dra. U. Katherine Sulastri.
Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In- House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan, antara lain : Communication Skill, Time Management, Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, Training Needs Analysis.

2. Ir. Kuswiati, MSc (Direktur PT. Multikreasi Edutama dan Trainer)

Kuswiati, alumnus Institut Pertanian Bogor dan melanjutkan jenjang studi S2-nya di Cranfield Institut of Technology, UK.  Mengawali karirnya sebagai salah seorang tenaga peneliti di salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen, kemudian dipromosikan sebagai pejabat struktural.  pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Menteri di salah satu Kementerian dan menangani bidang sosialisasi program yang sangat berkaitan dengan masalah Pendidikan dan Pelatihan.   Pada tahun 2000 sampai dengan 2004, menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan pada salah satu Perusahaan Milik Negara dan pernah menjadi dosen tamu di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Sepanjang karirnya aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Biaya Training :
Rp. 3.500.000 per orang untuk normal rate
Rp. 3.250.000,- per orang untuk early bird mendaftar dan membayar sebelum tanggal 5 Pebruari 2013 atau Group terdiri dari minimal  2 orang dari satu perusahaan.
Biaya sudah termasuk : Training Kits (CD Materi dan Hard Copy), makan siang, 2 kali Coffee Break, Sertifikat.
Biaya Training dapat ditransfer ke Rekening : 4202200506 an. PT. MULTIKREASI EDUTAMA pada Bank Bukopin Cab. MT Haryono.
Pendaftaran dan Informasi :
Ratih dan Kuswiati; 
 Telp. 021 8306188, 021 70234813, 0838 98535915, 0838  9450 9000 atau  0811.892.647,
  Website : www.lumbungkreasi.com

Senin, 07 Januari 2013

Get What You Want Through Communication Skills and Excellent Service


GET WHAT YOU WANT THROUGH COMMUNICATION SKILLS AND EXCELLENT SERVICE

 Meeting Room Gd. Gajah/Hotel Harris Tebet
Pukul 09.00 -17.00 WIB

Mendatangkan atau mendapatkan pelanggan melalui pelayanan prima memang bukanlah hal baru, tapi membuat mereka tetap setia dan menjalin hubungan baik dengan mereka sering tak terpikirkan.  Seperti diketahui pelayanan prima pelanggan tidaklah terlepas dari ketrampilan dalam berkomunikasi.  Selaku Layanan Pelanggan kita harus menunjukkan bahwa kita mampu mendengarkan dan menghargai umpan balik mereka, dikombinasikan dengan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang jelas dengan kehangatan dan emphati sehingga kepuasan pelanggan terpenuhi.

Melalui program ini Anda akan terlibat dalam berbagai metode praktis yang sangat partisipatif dan "fun" untuk menggali berbagai pengalaman dan harapan pelanggan Anda, bagaimana membina relationship dan membuat mereka merasa mendapatkan perhatian "luar biasa" baik bagi pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.

Hanya dalam 2 hari Anda akan mampu :
  1. Mengidentifikasi diferensiasi pelayanan prima
  2. Membina relationship untuk jangka panjang
  3. Menunjukkan kesan professiona;
  4. Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan
  5. Memahami bahasa tubuh secara cepat dan tepat
  6. Menghadapi dan "menaklukan " pelanggan yang sulit dengan bersahabat
  7. Menenangkan dan meredakan kemarahan pelanggan
  8. Mengubah "complaint" menjadi peluang untuk mendapatkan pelanggan setia.
  9. Memonitor kerjasama team Anda dalam melayani pelanggan.
Target Peserta Pelatihan
  1. Supervisor
  2. Customer Service Repersentatif
  3. Front Liners
Topik Pelatihan :
  1. Effective Communication : Assertive and Emphaty Communication
  2. Hambatan dalam berkomunikasi
  3. Tehnik menghadapi komplain pelanggan
  4. Tehnik menjaga emosi
  5. Tips dan tehnik dalam bertelepon
  6. Konsep Pelayanan Prima
  7. Moment of the Truth Customer
  8. Smart Program dalam Pelayanan Prima 
  9. 12 hal utama yang menentukan Pelayanan Prima
Trainers :

1. Tony Sardjono
Tony Sardjono adalah sosok seorang Trainer Profesional yang patut diteladani. Lulusan dari Bournemouth College of Technology, Faculty of Tourism, Catering and Hotel Administration, memulai awal karirnya di Jakarta Hilton International. Tony mendapat kesempatan sebagai Management Trainee yang pertama di perusahaan tersebut dan belajar manajemen perhotelan dari para senior praktisi yang telah berpengalaman. Pengalamannya bekerja di Food & Beverage, Sales Marketing, Front Office, dan Human Resources/Training telah membentuk kepribadiannya menjadi seseorang yang sangat mumpuni di bidang Service Excellence. Jabatannya yang terakhir di industri perhotelan adalah Director of Training and Development Sheraton Resorts Nusa Dua Bali. Sejak tahun 1998 Tony mendirikan TSA (Tony Sardjono & Associates), yaitu sebuah lembaga konsultan pengembangan SDM. Tony sering diminta untuk memberikan Public Seminar dan In-House Training bagi klien diberbagai industri, seperti perhotelan, properti, perbankan, manufaktur, pertambangan, rumah sakit, retail, dan pendidikan. Saat ini ia aktif terlibat di berbagai asosiasi profesi untuk melatih dan mengembangkan para trainer muda profesional



2. U. Katherine Sulastri 
U. Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In-House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan dengan topik antara lain : Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Time Management, Business Correspondence, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, Membangun Tim yang Dinamis, Presentation Skill dan Office Manners.  Kecintaannya pada dunia kaum muda dan kesenian, mendorongnya untuk terjun dan menekuni berbagai kegiatan seni dan kepramukaan yang ternyata sangat menunjang metode-metode pelatihan yang dibawakannya hingga saat ini.

Investasi :
Regular : Rp. 3.500.000,- per orang
Group   : Rp. 3.250.000,- per orang (min 2 orang dari satu perusahaan) 
Biaya sudah termasuk training kit, lunch, 2 x coffee break dan sertifikat.

Biaya Training dapat ditransfer ke : No. Rek 4202200506 pada Bank Bukopin Cab. M.T Haryono an. PT. Multikreasi Edutama.

Informasi dan Pendaftaran : Ratih & Kuswiati
Telp. : 021 8306188, 70234813
Fax. 021 8306188
Hp. 0838 94509000, 0838 98535915
Email : kuswiati_nuridja@yahoo.com; ratih@lumbungkreasi.com; info@lumbungkreasi.com
Website : www.lumbungkreasi.com

Becoming High Performance Secretary

Two Days Intensive Training

BECOMING HIGH PERFORMANCE SECRETARY
Gd. Gajah/Hotel Harris Tebet
Pkl 09.00 - 17.00 WIB

Dalam dunia bisnis maupun organisasi sosial peran sekretaris tidak dapat diremehkan. Seorang sekretaris yang handal akan memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi kemajuan perusahaan atau organisasi.
Bagaimana para sekretaris secara proaktif mengikuti setiap perkembangan struktur dan alur organisasi, melakukan koordinasi positif terhadap pelanggan internal dan eksternal, menentukan prioritas kerja, mengatasi masalah dan setiap saat mampu tampil profesional dalam komunikasi? Sikap atau cara kerja yang bagaimana yang akan menghantar kunci kesuksesan seorang manager atau pimpinan yang menggunakan jasa mereka?
Program ini menggugah para Sekretaris, Manajer Administrasi dan Personal Assistance, melalui simulasi, praktek, dan berbagai permainan interaktif agar :
  • Termotivasi dan penuh inisiatif mengikuti setiap perkembangan dan perubahan di lingkungan kerja mereka secara langsung maupun melalui teknologi internet
  • Terus menerus mengembangkan ketrampilan, sikap, manajmen waktu dan hal-hal lain yang dibutuhkan seorang sekretaris sesuai dengan perkembangan jaman dan situasi perusahaan
  • Membina hubungan kerja yang profesional dan berkoordinasi terhadap atasan, rekan sejawat maupunseluruh staf di lingkungan kerja.
  • Menyusun dan melakukan rencana kerja berdasarkan prioritas
  • Menyampaikan dan menerima informasi kepada atasan secara sistematis ,efektif dan melaksanakan tindak lanjut.
  • Memahami berbagai gaya dan model kepemimpinan serta kiat menghadapinya.
  • Menghadapi pribadi yang sulit serta menerapkan stress manajemen
  • Mengantisipasi, mengatasi masalah dan mengambil keputusan sesuai wewenang yang diberikan.
  • Tampil dan menunjukkan sikap professional dalam pergaulan bisnis dan kerja sehari-hari.
Peserta Pelatihan : Sekretaris, Office Manager, Personal Assistance, Administrator serta mereka yang tertarik dengan bidang kesekretariatan.

Metode Pelatihan : Interactive Presentation, Disscussion, Games, Role Play and Feed Back.

Materi Pelatihan :

  1. Peran dan Tanggung Jawab Sekretaris
  2. Kompetensi Seorang Sekretaris
  3. Business Communication : Tiga Karakter Business Communication; Telephone Courtessy
  4. Office Manners - Tata Pergaulan di lingkungan Professional
  5. Effective Time Management : Penyusunan Rencana Kerja berdasarkan skala prioritas; Manajemen Konflik; Problem Solving
  6. Business Writing Skills
  7. Professional Image :
  • Tehnik Berbusana, 
  • Make Up dan Tata Rambut
  • Sikap Tubuh 
  • Table Manners
TRAINER :  U. Katherine Sulastri (Profesional Development Consultant)
Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In- House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan : Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, dan Membangun Tim yang Dinamis. Kecintaannya pada dunia kaum muda dan kesenian, mendorongnya untuk terjun dan menekuni berbagai kegiatan seni dan kepramukaan yang ternyata sangat menunjang metode-metode pelatihan yang dibawakannya hingga saat ini.
Biaya Training & Fasilitas:
Normal Rate : Rp. 3.500.000,- Per orang
Group : Rp. 3.250.000,- per orang (min 2 orang dari satu perusahaan) 
Biaya Training sudah termasuk : Training Kits, Lunch, 2x Coffee Break dan Sertifikat.
Biaya Training ditransfer ke Bank Bukopin Cab. MT. Haryono, Rekening No. 4202200506, AN. PT. MULTIKREASI EDUTAMA

Informasi dan Pendaftaran : Ratih & Kuswiati
   Telp. 021 8306188, 021 70234813, 0838 98535915, 0838  9450 9000 atau  0811.892.647,
  Website : www.lumbungkreasi.com










Customer Focused Selling


Customer Focused Selling
Executive Meeting Room, Gd. Gajah
09.00 – 17.00 WIB

Pada saat ini persaingan bisnis telah meningkat dengan tajam dan diperkirakan akan semakin meruncing di kemudian hari. Berkembangnya kebutuhan dan keinginan pelanggan membuat para pebisnis harus berpikir keras dan cermat agar produk dan jasa layanannya tetap disukai dan dibeli oleh pelanggan. Program ini akan membantu para pelaku bisnis untuk bisa menggali kebutuhan pelanggan, menawarkan solusi yang tepat, dan meningkatkan penjualan.
Sasaran
Pada akhir pelatihan ini peserta diharapkan mampu:
§  Mengembangkan teknik dan strategi penjualan secara lebih profesional.
§  Meningkatkan tingkat keberhasilan dalam melakukan identifikasi, menentukan sasaran dan menentukan kualifikasi calon pelanggan.
§  Menemukan beberapa cara yang praktis untuk meningkatkan keterampilan berinteraksi dengan calon pelanggan.
§  Meningkatkan produktifitas kerja dan keuntungan perusahaan.

Topik
§  Tiga prinsip dasar penjualan.
§  Mencari pembeli potensial.
§  Menangani keberatan pelanggan.
§  Menggali kebutuhan pelanggan.
§  Menggali alternatif lain.
§  Memberikan solusi.
§  Menutup penjualan.
Peserta :
§       Manajer dan Supervisor
§       Maksimal  15 orang per batch
Trainer :
       U. Katherine Sulastri (Profesional Development Consultant)
Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In- House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan, antara lain : Communication Skill, Time Management, Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, Training Needs Analysis.

Biaya Training & Fasilitas :
Umum : Rp. 3.500.000,- per orang
Group : Rp. 3.250.000,- per orang (min 2 orang dari satu perusahaan). Biaya Training sudah termasuk : Training kits, Hard & Soft copy materi, Lunch, 2 x Coffee Break dan Sertifikat.
Biaya Training di Transfer ke Bank Bukopin Cab. MT. Haryono, Rekening No. 4202200506 AN. PT. Multikreasi Edutama

Pendaftaran & Informasi:
Ratih &  Lia  
Telp.  021 70234813, 8306188, Fax : 021 – 8306188
Mobile  : 0878 73085684 dan 0811.892.647 atau 0838. 9450.9000  
         info@lumbungkreasi.com

atau melalui web-site : www.lumbungkreasi.com