Two
Days Inhouse Training
PRACTICAL
COMMUNICATION TRAINING :
SMART
TO LISTEN & BE LISTENED
INTRODUCTION
Setiap
hari kerja, Anda berkomunikasi dengan para karyawan, rekan sekerja, atasan, dan
pelanggan Anda. Kekeliruan, salah paham, dan salah tafsir sering kali terjadi,
karena miscommunication!
Tambahan
pula, area kerja Anda tidak berdiri sendiri. Ia
merupakan bagian yang integral
dari organisasi Anda. Ada ketergantungan antara satu area kerja dengan area kerja
lainnya. Hal ini berlaku juga untuk area kerja Anda
Kebutuhan
untuk dapat berkomunikasi dengan jelas, mempengaruhi, serta menyampaikan pesan
dengan ringkas dan tepat kepada karyawan, rekan kerja, pelanggan, dan stakeholders lainnya
menjadi sesuatu yang sangat amat penting!
MENGAPA KOMUNIKASI DI AREA KERJA MENJADI SANGAT
PENTING?
Katakanlah
Anda adalah seorang manajer administrasi dan membutuhkan bantuan dari
departemen keuangan & akuntansi. Anda harus berkomunikasi dengan supervisor
dari departemen tersebut, atau atasan sang supervisor, untuk mencoba
mendapatkan bantuannya. Dalam kenyataannya, sering kali Anda mengalami
kesulitan untuk mendapatkannya.
Meskipun
Anda akhirnya mendapatkan bantuan, kadang-kadang tidak sesuai dengan apa yang
Anda harapkan. Anda bahkan harus berkompromi dengannya. Belum lagi, jika
kebutuhan Anda sangat mendesak, Anda harus, suka atau tidak suka,
berkonfrontasi dengannya untuk memastikan bahwa Anda dibantu tepat waktu.
Namun, apa sebenarnya yang dimaksud
dengan komunikasi? Mungkin ada 1001 kasus, 1001 topik atau 1001 taktik
komunikasi. Pertanyaannya sekarang adalah "apakah ada formula yang
tersedia yang kuat, stabil, dan tidak bervariasi (rigid) yang bisa kita ikuti
dan terapkan dalam komunikasi bisnis sehari-hari?" JAWABANNYA
ADALAH ... ADA!
TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan ini mencakup berbagai
komunikasi dan keterampilan interpersonal yang akan memungkinkan Anda
untuk berkomunikasi, memberi pengaruh dan meyakinkan orang lain serta pada saat
yang sama membangun hubungan yang kuat!
SILABUS PELATIHAN
- Pendahuluan
- Pernak-pernik Komunikasi
- Keterampilan Komunikasi: Keterampilan Abad 21
- Definisi Komunikasi Cerdas
- Dunia Kerja
- Pendekatan Proses Terhadap Dunia Kerja
- Struktur Informasi Proses Kerja
- 7 Paradigma Komunikasi Cerdas di Dunia Kerja
- FORMULA Komunikasi Cerdas
- Penciptaan Makna
- Mendengar & Bertanya
- Pemetaan Posisi Anda di Dunia Kerja
- Aneka Ragam Gaya Kepribadian
- Aplikasi Praktisi Formula Komunikasi Cerdas di Dunia Kerja
- Communication Checklist
- 10 Hukum Komunikasi Cerdas
TRAINER : DESMON
GINTING (Professional
Consultant, Trainer & Coach)
Beliau menyelesaikan pendidikan S1
(Ir.) Industrial Engineering di ITB pada tahun 1989 dan atas dasar beasiswa yang
diterima, S2 (M. Tech) Manufacturing and Industrial Technology di Massey
University, N.Z. pada tahun 1996.
Beliau telah terlibat dalam dunia
kerja selama lebih dari 21 tahun. Pada 1990-an, ia terlibat dalam Dunia
Perbankan & Pasar Modal, sebagai Wakil Manajer Investasi m(SK BAPEPAM No:
Kep - 51 / PM / IP / WMI / 2000); Penjamin Emisi & Perantara Pedagang
Perwakilan Rakyat (BAPEPAM No .: Kep - 66 / PM / IP / PEE / 2000), dan;
Perantara Pedagang Efek-Perwakilan Future Perdagangan (No. 216 / Bappebti-1 /
TLUP / IX / 2000).
Mulai dari bulan Februari 2001,
berkecimpung di arena Perubahan Perilaku, Peningkatan Produktivitas &
Pemetaan Proses untuk berbagai perusahaan dalam industri yang berbeda dengan
fungsi sebagai Bisnis Developer & Liaison Officer. Juga memperoleh
sertifikasi sebagai Sales Profesional dari IMPAC University, Punta Gorda,
Amerika Serikat.
Sejak 2011, beliau aktif sebagai Consultant Professional & trainer termasuk sebagai Dosen Tamu dari Executive
Learning Forum PPM Manajemen. Ia adalah penulis buku yang sudah diterbitkan
berjudul "Supervisor Hebat: PANDUAN
Supervisor Indonesia". Bukunya keduanya berjudul "Komunikasi
Cerdas: PANDUAN Komunikasi di Dunia Kerja”.
Dan Buku ketiga berjudul “Etos
Kerja : PANDUAN Menjadi Karyawan Cerdas”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar